Apa kabar sobat RK, kali ini kita akan membahas makanan khas dari daerah yang terkenal dengan julukan pulau seribu masjid.

Ringkaskata.com | Ya siapa yang tidak tahu dengan pulau lombok yang memiliki berbagai macam keindahan alam, mulai dari pantai, keindahan bawah lautnya yang mempesona dan masih banyak lagi. Tidak hanya keindahan alamnya saja, Lombok juga terkenal dengan makanannya.

Makanan khas daerah lombok yang akan kita bahas kali ini adalah Ayam Taliwang khas Lombok yang sangat menggugah cita rasa. Bermacam rempah dan bumbu lainnya yang membuat Ayam Taliwang ini begitu nikmat.

Ayam Taliwang ini merupakan makanan khas dari Kampung Karang Taliwang, Sumba Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Makanan ini biasanya berbahan dasar daging ayam kampung yang masih muda. Menambah nikmatnya, ada campuran cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, dan garam.

Jika sobat ingin mencoba membuat Ayam Taliwang khas Lombok ini di rumah, maka bahan yang perlu sobat persiapkan adalah :

Bahan

  1. Satu ekor ayam kampung yang masih muda
  2. Air jeruk limau 1 1/2 sendok teh
  3. Garam 1 sendok teh
  4. Santan 300 mili liter, dibuat dari 1/2 butir kelapa
  5. Garam 1 sendok teh
  6. Gula merah sisir 1 sendok teh
  7. Minyak 3 sendok makan (digunakan untuk menumis)

Bumbu Khas ayam taliwang

  1. Bawang merah 10 butir
  2. Bawang putih 7 siung
  3. Cabai merah besar 2 buah, dibakar
  4. Cabai merah keriting 7 buah, dibakar
  5. Kemiri 5 butir, disangrai
  6. Terasi 1 1/2 sendok teh, disangrai

Setelah bahan diatas sudah sobat siapkan maka langkah selanjutnya adalah proses untuk membuat Ayam Taliwang khas Lombok.

Langkah-langkah membuat ayam taliwang

  1. Belah menjadi dua ayam kampung tadi (jangan sampai putus), setelah di belah buang isi perut dari ayam tersebut.
  2. Lumuri ayam yang sudah dibelah tadi dengan air jeruk limau dan garam. Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bakar di atas bara api sambil di bolak balik sampai ayam setengah matang, kemudian sisihkan.
  3. Setelah ayam dibakar setengah matang, langkah selanjutnya yang harus sobat lakukan adalah, panaskan minyak kemudian tumis bumbu halus khas taliwang tadi hingga tercium aroma wangi sedap.
  4. Langkah selanjutnya adalah masukan santan, garam dan gula merah sisir. Aduk rata dan masak sampai mendidih.
  5. Setelah bahan yang di masak tadi mendidih, kita masukan ayam yang sudah kita bakar setengah matang tadi kedalam bahan tersebut dan masak menggunakan api kecil hingga semua bumbu meresap kedalam daging ayamnya.
  6. Langkah terakhir adalah, bakar kembali ayam kampung yang sudah dimasak dengan bumbu tadi sambil di bolak-balik dan jangan lupa untuk mengolesi ayam taliwan dengan bumbu yang masih tersisa agar rasa dari ayam taliwang tersebut benar-benar keluar. Setelah ayam taliwang masak dan tercium aroma harum nan menggoda,
  7. Tiriskan dan ayam taliwang pun siap untuk dinikmati. Sobat bisa menambahkan sambal, lalapan, dan bahan lainnya.

Banyak wisatawan yang ketagihan dengan makanan khas dari Lombok ini, apalagi ditambah dengan bumbu dan rempah-rempah yang benar-benar membuat para penikmat ayam taliwang tidak bisa berhenti untuk menikmatinya.

Ok sobat RK, silahkan mencoba resep dan masakan khas dari pulau seribu masjid ini, semoga sobat bisa mempraktekan dan menikmati kelezatan dari Ayam Taliwang khas Lombok ini.

Selamat mencoba.

Rep:MI10 / Ed:Azz