Lorong Basah Night Culinary, Pusat Kuliner Malam Kota Palembang

Ringkaskata.com | Bagi sahabat RK yang merupakan penggemar wisata kuliner, sekarang ada wisata kuliner yang unik dan baru di kota Palembang Sumatera Selatan. Kota yang terkenal dengan pempeknya ini punya wisata kuliner malam dengan berbagai aneka makanan.

Wisata kuliner ini baru dibuka pada Februari lalu dan diberi nama Lorong Basah Night Culinary. Lorong Basah Night Culinary terletak di kawasan Pasar 16 Ilir. Lokasi ini sebelum ditata merupakan sebuah jalan atau lorong tempat berjualan pedagang kaki lima mulai dari penjual ikan sampai penjual barang kelontongan.

Gagasan menjadikan Lorong Basah sebagai pusat kuliner malam disebut diambil setelah melihat kondisi lorong yang sempit dan membuat pembeli tidak nyaman. “Memang masih ada kekurangan, seperti pencahayaannya harus ditambah dan penataannya dibuat lebih menarik untuk orang datang berkunjung,” ujarnya.

Lorong Basah Night Culinary yang memiliki panjang 180 meter menjual berbagai kuliner khas Palembang dan makanan khas daerah lain. Lorong Basah Night Culinary ini hanya buka pada malam hari, mulai pukul 18.00 WIB sampai pukul 02.00 WIB dinihari.

Lorong Basah Night Culinary ini menjadi salah satu destinasi wisata kuliner malam yang menyenangkan, pasalnya di sini menyediakan berbagai kebutuhan makanan dan pengunjung bisa makan dengan nyaman karena pengamen dan pedagang asongan dilarang masuk di kawasan ini.

Tentunya kebijakan ini sangat berpengaruh dengan kenyamanan pengunjung, beda halnya dengan street food yang sudah ada di tempat lain yang sering kali dengan kehadiran pengamen bahkan pengemis sangat mengganggu pengunjung untuk menikmati makanan, yang terkadang mengurangi nafsu makan pengunjung.

Berdasarkan informasi dari Yeni selaku ketua Koperasi Sriwijaya, jumlah tenan saat ini sekitar 90 tenan yang terdiri dari berbagai penjual makanan seperti pempek, penganan pasar khas palembang, nasi padang, nasi bakar, makanan khas Manado, sop jawa sunda, pecel lele, ayam dengan berbagai kreasi, sosis bakar, nasi goreng, hingga nasi kucing. Ia melanjutkan bahwa tenan di sini tidak dibatasi jenis makanan yang akan dijual, jadi di sini semua makanan dari berbagai daerah tersedia.

Bagi para wisatawan yang melancong ke Palembang, jangan lupa untuk singgah ke destinasi wisata kuliner malam Lorong Basah ini ya, dijamin perut anda akan terisi penuh dan bisa menghilangkan rasa penasaran terhadap panganan khas Palembang yang mungkin belum pernah anda cicipi.

 

Rep : ALI / Ed : Azz

– diolah dari berbagai sumber

 

🔥1.4 K

If you liked this article
please click on the "Like!".