Jepang Lakukan Upacara Pemakaman 100 Robot Anjing Milik Sony

Ringkaskata.com | Ketua Pendeta Kuil Kofukuji, Bungen Oi yang ada di Isumi, Chiba, Jepang, melakukan upacara pemakaman untuk robot anjing Aibo buatan Sony pada kamis (26/4/18) waktu. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Bungen Oi.

Lebih dari 100 robot Aibo yang sudah tidak terpakai  akan dimakamkan pada upacara tersebut, namun beberapa bagian robot itu diambil bagian mesinnya untuk memperbaiki robot Aibo lain.

Masing-masing robot Aibo itu dikalungkan dengan kalung kertas yang berisi tulisan asal robot tersebut dan nama pemiliknya. Kemudian Aibo dibariskan di atas altar sebagaimana upacara pemakaman biasa dilakukan.

Pendeta Bungen Oi dan para pengunjung termasuk pemilik Aibo terlihat khusyuk dan serius mengikuti jalannya  selama acara tersebut. Bahkan upacara untuk Aibo, terbilang sakral melihat bagaimana acaranya berlangsung. Setelah proses upacara selesai, para robot Aibo itu dibungkus dengan plastik.

Dikutip dari Agence France Presse (AFP), “semua benda memiliki jiwa,” terang Bungen Oi, saat membantah pandangan orang-orang yang menilai pemakaman tersebut sangat aneh juga dinilai terlalu berlebihan.

Sejarah singkatnya, robot Aibo pabrikan Sony ini pernah berhenti diproduksi pada tahun 2006 lalu, tetapi masih membuka layanan perbaikan robot hingga tahun 2014. Tetapi pada tahun 2017 Sony kembali memproduksi Aibo dengan versi terbarunya yang lebih inovatif. Beragam teknologi baru juga akan di tambahkan pada versi ini, seperti deep learning untuk menganalisa suara dan foto yang didapat melalui sensor Aibo.Selain itu, akan ada data cloud untuk mempelajari pengalaman dari unit Aibo lain. Bagaimana, tertarikkah Sobat RK untuk memiliki robot unik pabrikan Sony yang satu ini?

Rep : KTR-MIN / Ed : Azz

Diolah dari berbagai sumber.

🔥11

If you liked this article
please click on the "Like!".