Palembang, Ringkaskata.com | Pemerintah Kota Palembang mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat berupa lima bus air yang diserahkan melalui Dinas Perhubungan.

“Iya benar kami mendapat bantuan lima bus air dari pemerintah pusat melalui departemen perhubungan,” kata Kepala Dishun Kota Palembang,Kurniawan pada Rabu (25/4/18).

Dia menjelaskan, bus air yang dibuat di Batam Kepulauan Riau ini, akan segera dikirim ke Kota Palembang melalui Pelabuhan Boom Baru pada bulan Juni mendatang, agar dapat digunakan sebelum perhelatan akbar Asian Games 2018 nanti.

“Lima bus air yang akan didatangkan nanti masing – masing berkapasitas 30-40 tempat duduk. Kelima bus air tersebut digunakan untuk pariwisata air selama Asian games nanti,” tambah Kurniawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani membenarkan bahwa lima bus air tersebut akan digunakan untuk membawa tamu asing yang ingin mengunjungi destinasi wisata tepi sungai Musi, seperti Pulau Kemaro, Kampung Arab, Benteng Kuto Besak (BKB) dan Kampung Baba Boentjit.

“Memang bus air itu nanti diperuntukkan bagi masyarakat umum, tapi prioritas utama kami lebih ke tamu asing,” kata Isnaini.

Setelah perhelatan akbar Asian Games nanti, seluruh bus air tesebut akan digunakan sebagai transportasi umum namun tetap mengutamakan keperluan pariwisata.

Isnaini juga berharap agar beban jalan darat bisa berkurang seiring dengan akan beroperasinya bus air dan juga supaya bisa membantu persoalan transportasi di Kota Palembang. (MI10/Azz)

 

Sumber : Antaranews.com